Kata Kunci

Senin, 02 September 2013

Perpustakaan UIN SUSKA Riau - GATE DETECTOR SEBAGAI ALAT PENDETEKSI PENCURIAN

Awas hati-hati dengan gate detector atau security gate, karena alat ini merupakan alat pengamanan yang dapat mendeteksi buku-buku yang diambil atau dibawa tanpa melalui prosedur yang benar. Alat ini juga berfungsi mencegah tindakan pencurian (theft) yang akhir-akhir ini marak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Sekitar tahun 2008, perpustakaan UIN Suska Riau mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dari International Development Bank (IDB), salah satunya berupa gate detector. Sebelum alat ini diaktifkan, tindakan-tindakan pencurian yang selama ini terjadi tidak dapat di ketahui atau dicegah oleh petugas perpustakaan. Karena berbagai hal alat ini baru diaktifkan sekitar tahun 2010 hingga sekarang.
Gate detector tersebut dapat difungsikan bila semua koleksi yang ada di perpustakaan dipasangi alat berupa chip, bentuknya persegi empat didalamnya terdapat komponen-komponen seperti transmisi/antena untuk membaca yang kemudian di arm atau disarm pada komputer. Jika koleksi tidak sedang di pinjam, maka koleksi tersebut statusnya disarm sehingga jika ada yang membawa koleksi tersebut tanpa melalui prosedur yang benar dan melewati gate detector maka alat tersebut akan berbunyi dengan sendirinya walaupun buku tersebut di selipkan dalam jaket atau dimasukkan dalam tas.
Selama alat ini diaktifkan, banyak tindakan pencurian dapat terdeteksi. Beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab terjaring ketika akan membawa buku keluar dari ruang koleksi perpustakaan. Mereka rata-rata mengaku terbawa atau tidak sengaja membawa buku keluar dari ruang koleksi. Apapun alasannya kalau kita mengambil tanpa izin artinya secara hukum melakukan tindakan pencurian. Jadi jangan coba-coba melakukannya, kalau tidak mau kena sanksi yang telah diatur dalam peraturan perpustakaan. Mudah-mudahan kita mau bersama-sama menjaga asset perpustakaan karena banyak informasi yang akan kita peroleh jika koleksi terjaga dengan baik

Andes Ghoba Chaniago 
Alumni Akuntansi UIN SUSKA Riau

Tidak ada komentar: