Kata Kunci

Minggu, 19 Mei 2013

Mahasiswa Luar Negeri UIN SUSKA Semakin Meningkat (Orientasi Keimigrasian)

HUMAS UIN SUSKA RIAU, Seiring makin meningkatnya jumlah mahasiswa luar negeri yang menimba ilmu di UIN Suska Riau. UIN Suska Riau menggelar acara Orientasi Pengelolaan Pendayagunaan Dan Penyelarasan Dokumen Keimigrasian Serta Perumusan Buku Panduan Bagi Dosen Dan Masiswa Luar Negeri. 
            Acara yang berlangsung di auditorium gedung Islamic Center UIN Suska Riau tersebut, dihadiri oleh para utusan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri Islam di Indonesia, dan para mahasiswa luar negeri yang saat ini sedang menimba ilmu di UIN Suska Riau.
            Sekitar dua ratus orang mahasiswa luar negeri dari berbagai Negara di Asia, terlihat antusias mengikuti acara yang berlangsung dari pagi hingga sore tersebut. Adapun narasumber yang dihadirkan di antaranya Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kemenag RI, H Mubarok, M.Sc, Kasubdit Keimirasian RI, Wilopo KS, SH, MH, Kabid Lalu Lintas Izin Tinggal dan status Keimigrasian Kanwil Propinsi Riau, As-Ary, S.Pd, Kasi Statuskim Imigrasi Pekanbaru, Indra Jaya S.Sos dan Kabag Hukum dan KLN Kemenag RI, H Hasbu Marzuki, M.Pd.
            Dalam sambutannya Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr HM Nazir mengatakan, dari tahun ke tahun mahasiswa luar negeri yang kuliah di UIN Suska Riau berkembang cukup pesat. Hingga saat ini terdapat sekitar 250 orang mahasiswa luar negeri yang menimba ilmu di UIN Suska Riau. Mereka tersebar di berbagai fakultas dan juga Class International yang di UIN Suska Riau.
            Namun demikian, mahasiswa luar negeri di UIN Suska Riau saat ini masih sebatas Negara-negara di kawasan Asia seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja. “Untuk itu, ke depan kita akan mengusahakan agar Negara-negara seperti kawasan Eropa dan Negara Asian lainnya bisa bergabung. Saat ini sudah ada Negara-ngara seperti Rusia, Sudan, China yang menyatakan minatnya untuk mengirim mahasiswanya belajar di UIN Suska Riau” ungkap Nazir.
            Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan KLN Kemenag RI, H Mubarok, M.Sc mengatakan, sangat menyambut baik kegiatan ini. Ini akan sangat membantu Biro Hukum dan KLN Kemenag RI dalam fungsi dan pelayanannya terhadap siswa, mahasiswa dan dosen asing yang kini terus meningkat. ungkapnya
            Disisi lain mewakili ketua panita, Kabag Kerjasama UIN Suska Riau, Dra. Hj Syarifah, MM mengungkapkan, kegatan ini bertujuan memberikan pemahaman yang seluas-luasnya kepada mahasiswa yang berasal dari luar negeri tentang peraturan keimigrasian yang berlaku di Indonesia. Disamping pembinaan formal dan non formal terkait proses keimigrasian sepertihalnya perpanjangan visa dan lain sebagainya.

Mudah-Mudahan Dapat Menambah Ilmu Dari Kita Semua,,,


Andes Ghoba Chaniago 
Alumni Akuntansi UIN SUSKA Riau

Sumber : http://www.uin-suska.ac.id/

Tidak ada komentar: