Kata Kunci

Senin, 15 April 2013

Mengenal Depresiasi, Amortisasi, serta Deplesi (Sebuah Istilah Penyusutan Dalam Akuntansi)


Dalam Sebuah Ilmu Akuntansi mengenal adanya  suatu penyusutan atau penurunan nilai sebuah aktiva yang memilki umur lebih lama. Aktiva yang memiliki umur manfaat adalah Aktiva Tetap dan Aktiva Tidak Berwujud

Contoh Aktiva tetap adalah ; Peralatan, Tanah. Mesin, Bangunan ataupun Kendaraan Sedangkan Aktiva tidak berwujud meliputi hak paten, hak cipta, Merk Dagang ataupun Godwill

Mari kita bahas Jenis-jenis Penyusutan

  1. Depresiasi Alokasi sistematis jumlah yang dapat disusutkan dari suatu aset selama umur manfaatnya.Penerapan depresiasi akan memengaruhi laporan keuangan, termasuk penghasilan kena pajak suatu perusahaan.
  2. Amortisasi adalah pengurangan nilai aktiva tidak berwujud, seperti merek dagang, hak cipta, dan lain-lain, secara bertahap dalam jangka waktu tertentu pada setiap periode akuntansi.
  3. Deplesi adalah kata lain penyusutan yang terjadi pada sesuatu benda yang bersifat alami dan tidak dapat diperbaharui. Deplesi merupakan salah satu istilah ekonomi geografi yang digunakandalam dunia pertambangan untuk menyatakan penyusutan pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti misalnya bijih besi, hasil tambang, kayu hutan dsbnya. 

Dari istilah ketiganya dapat kita simpulkan bahwa Depresiasi digunakan untuk Aktiva Tetap, Amortisasi digunakan untuk Aktiva tidak berwujud sedangkan Deplesi digunkaan untuk Aktiva sumber daya Alam.
Itulah sebuah istilah Penyusutan Dalam Akuntansi

Semoga menambah wawasan dari kita Semua.

Andes Ghoba Chaniago 
Alumni Akuntansi UIN SUSKA Riau

Tidak ada komentar: