Kata Kunci

Selasa, 16 April 2013

UIN SUSKA Riau (Universitas Islam Negeri Pertama di Sumatera)



Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau selanjutnya disebut sebagai UIN Suska Riau merupakan pengembangan/peningkatan status pendidikan dari Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qasim (IAIN Susqa) Pekanbaru. IAIN Susqa Pekanbaru didirikan pada tanggal 19 September 1979 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 194 Tahun 1970. Awal berdirinya, IAIN Susqa hanya memiliki tiga fakultas, Tarbiyah, Syari’ah dan Ushuluddin.

Peningkatan status IAIN Susqa menjadi UIN Suska Riau telah mendapatkan respon yang positif, terutama dengan dikeluarkannya SK Gubernur Riau Nomor Kpts. 521/X/2002 tanggal 24 Oktober 2002 tentang penetapan perubahan status  IAIN Susqa menjadi UIN Suska Riau dan akan memberikan dukungan dana melalui APBD Provinsi Riau sesuai dengan kemampuan daerah, dan SK Pimpinan DPRD Prov. Riau. No. 12/Kpts/Pimp/DPRD/2002 tentang Penetapan Dukungan Peningkatan Status IAIN Susqa menjadi UIN Suska dan pemberian dukungan dana melalui APBD Riau sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Peningkatan status ini telah direkomendasikan oleh Menteri Agama RI kepada Menteri Pendidikan Nasional dengan No.MA/266/2002 tanggal 19 Juli 2002.

Perjalanan panjang proses peningkatan status IAIN Susqa Pekanbaru menjadi UIN SuskaRiau akhirnya terwujud dengan terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005 tentang perubahan Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 8 tahun 2005 UIN Suska memiliki 8fakultas, yaitu :
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,
Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum,
Fakultas Ushuluddin
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Sains dan Tekhnologi
Fakultas Psikologi,
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial,  
Fakultas Pertanian dan Peternakan.

            Sehingga UIN SUSKA menjadi Universitas Islam pertama di Pulau Sumatera diantara IAIN yang ada di Pulau Sumatera. Berikut ini adalah IAIN yang terdaftar di Pulau Sumetera :


  1. IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh
  2. IAIN Sumatera Utara, Medan
  3. IAIN Imam Bonjol, Padang
  4. IAIN Sultan Thaha Saifudiin, Jambi
  5. IAIN Bengkulu
  6. IAIN Raden Fatah, Palembang
  7. IAIN Raden Intan, Bandar Lampung 

Mudah-mudahan dengan ditetapkannya UIN SUSKA Riau menjadi Universitas Islam Negeri  Pertama di Pulau Sumatera dapat mendorong IAIN yang lain untuk menjadi Universitas Islam Negeri dan menjadi wadah pendidikan dalam menambah ilmu, bukan hanya secara ilmu umum tetapi juga dilandasi dengan Ilmu Agama.


Mudah-mudahan Dapat menambah wawasan yang bermanfaat



Andes Ghoba Chaniago 
Alumni Akuntansi UIN SUSKA Riau





Tidak ada komentar: