Kata Kunci

Minggu, 05 Mei 2013

AKUNTANSI CINTA (Sebuah Persamaan Dalam Perbedaan)

Sebelum Kita masuk dalam Akuntansi Cinta ,,,,
Kita renungkan Dahulu apakah Akuntansi dan Cinta memiliki Persamaan Jawabannya Iya.
Dan Apakah Akuntansi dan Cinta Memiliki Perbedaan Jawabannya Juga Iya
Yuk Mari Kita Lihat

Cinta merupakan suatu proses rekonsiliasi dua hati yang mencoba untuk saling menyeimbangkan sisi debit dan sisi kreditnya.Begitu juga dengan Akuntansi yaitu menyeimbangkan dari sisi debit dan kredit

Akuntansi Cinta, Dalam Perspektif FIFO LIFO dan Average
Seperti kita ketahui bersama FIFO, LIFO dan Average merupakan metode dalam penilaian persediaan. Namun didalam akuntansi cinta ketiga metode ini merupakan perilaku dari cinta tersebut.
  1. FIFO, first in first out. Tipe ini merupakan orang yang dengan mudah melupakan cinta lamanya. Ketika ada cinta kedua, maka cinta pertamapun hilang, begitu seterusnya..
  2. LIFO, last in first out. Tipe kedua merupakan orang yang sulit untuk melupakan cinta pertamanya. Cinta pertamanya takkan pernah hilang, karena baginya cinta setelah cinta pertama kualitasnya kurang baik, untuk itu harus segera dilepas.
  3. Average, lebih tepatnya merupakan orang yang adil. Tidak memandang kapan cinta itu diperoleh, semua cinta nilainya dipukul rata.

Berbeda dengan siklus akuntansi pada umumnya, akuntansi cinta lebih banyak mendasarkan kegiatanya pada aset tak berwujud. Selain itu, pada dasarnya cinta tidak menggunakan konsep laba rugi bahkan untuk break even sekalipun.

Jadi dapat disimpulkan dalam cinta tidak diperlukan laporan keuangan berupa Laporan Laba Rugi yang dibutuhkan hanya Neraca dan Jika di akhir perode ternyata tidak ada kecocokan saldo maka harus dibuat jurnal penyesuaian. Namun apabila masih tidak terdapat kecocokan maka harus segera dilikuidasi secepatnya.

Ya itulah Sebuah Persamaan dalam Perbedaan yang bisa disatukan dalam satu kesatuan tentang Akuntansi Cinta,
Semoga Bermanfaat
Andes Ghoba Chaniago 
Alumni Akuntansi UIN SUSKA Riau

Tidak ada komentar: