Kata Kunci

Minggu, 07 April 2013

Akuntansi itu Mudah

Belajar Akuntansi Itu Mudah.


Pernahkah anda berfikir bahwa akuntansi adalah disiplin ilmu yang sulit, atau bisa jadi sangat sulit bagi anda? Jujur saja, saya juga pernah berfikiran seperti itu. Jika anda berfikir seperti apa yang saya fikirkan, yakinlah bahwa pemikiran tersebut adalah salah besar. Kenapa demikian? Jawabannya adalah bahwa ilmu akuntansi itu mudah.

Jika anda perlu bukti, ya inilah saya buktinya, yang tadinya sempat berfikir bahwa  akuntansi itu sulit dan ternyata akuntansi itu sangat mudah sekali.  Bukti yang lainnya lagi, sekarang saya sedang berbicara tentang akuntansi dengan anda, secara sadar ataupun tidak, anda dan saya sudah masuk dalam wilayah per-akuntansi-an betul?  Jadi, kita harus sepakat bahwa akuntansi itu mudah. Jika tidak, saya akan tunggu anda untuk yakin dulu, setelah anda yakin barulah obrolan ini kita akan teruskan okeh!


Sadar Atau tidak anda telah praktek Akuntansi

Adanya akuntansi didukung dengan adanya mata uang. Uang secara umum berfungsi sebagai alat tukar, sebagai contoh uang ditukarkan dengan sembako, cabe maupun keperluan sehari-hari. 

Semua contoh ini merupakan kegiatan membeli atau menjual (transaksi) yang bersifat pribadi. Kegiatan tersebut masih bisa kita untuk tidak mencatatnya, karena bersifat pribadi. Tapi sebagian orang kegiatan tersebut melakukan pencatatan. Mengapa ? Tentunya untuk mengetahui seberapa besar uang yang dikeluarkan serta untuk merencanakan perbandingan harga serta untuk menghindari pengeluaran yang besar .

Seperti itulah Akuntansi, Mencatat Pengeluaran ataupun Pendapatan 

Mudah Bukan,,,

Andes Ghoba Chaniago 
Alumni Akuntansi UIN SUSKA Riau





 

Tidak ada komentar: