Kata Kunci

Jumat, 05 April 2013

Peran Akuntan dalam Perusahaan


Secara sederhana dapat dikatakan bahwa akuntansi menghasilkan informasi yang digunakan manajer untuk menjalankan operasi perusahaan. Akuntansi juga memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahui kinerja ekonomi dan kondisi perusahaan. Dalam beberapa konsep lain, akuntansi bukan hanya dimanfaatkan oleh perusahaan saja, perorangan, pemerintah, dan jenis organisasi lainnya juga bisa memanfaatkan informasi dari akuntansi itu.
Proses dimana akuntansi menghasilkan informasi pertama, perusahaan harus mengidentifikasi pihak-pihak yang berkepentingan. Kemudian perusahaan harus mengetahui kepentingan informasi mereka dan rancangan sistem akuntansinya guna pemenuhan kebutuhan informasi tersebut. Akhirnya, akuntansi akan mencatat data ekonomi mengenai kegiatan perusahaan dan hal-hal yang terjadi pada perusahaan, yang hasilnya dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan sesuai dengan kebutuhan informasi mereka.

Pihak-pihak yang berkepentingan (stockholders) menggunakan laporan akuntansi sebagai sumber informasi utama untuk pengambilan keputusa mereka. Pihak-pihak yang berkepentingan juga menggunakan informasi lain untuk pengambilan keputusan mengenai perusahaan.

Tidak ada komentar: